Slider

Review Honda

SUV

Sedan

2 Rows

3 Rows

Premium

News

» » » » Honda CIVIC HATCHBACK





Honda Civic Hatchback 2017 bisa dibilnag reinkarnasi sejati sebuah Civic. Kalau Anda ingat, Honda Civic pertama kali muncul di era 1970-an dalam bentuk hatchback. Seiring berjalannya waktu, di pasar Indonesia model tanpa ekor bagasi kemudian tersapu oleh Civic Sedan.

Civic Hatchback sebetulnya tidak pernah mati. Di pasar Eropa, Honda terus mengembangkan mobil ini, seiring dengan bergantinya generasi. Namun di tanah air, Honda baru mengembalikan model hatchback pada generasi kesepuluh ini. Bentuknya terlihat sporty dan dinamis. Honda menyebutnya dengan bentuk yang 'sexy'. Tidak salah, karena bagaimanapun bentuknya mengundang perhatian dan modern.

Di bagian kabin, layaknya sebuah Civic, Honda menyuguhkan interior yang lebih mengarah ke sporty ketimbang mewah. Hal ini terpancar dari interior berbalut warna hitam, dan tachometer (pengukur putaran mesin) yang mendominasi meter cluster di depan pengemudi.

Satu hal yang menarik adalah bagasinya yang sangat luas. Hal ini hasil dari rekayasa bentuk pintu bagasi dan posisi kursi belakang. Keunikan lainnya adalah, Civic Hatchback punya kemampuan untuk menyalakan mesin dan AC dari luar mobil, melalui remote kunci yang disediakan. Tujuannya agar kabin bisa lebih sejuk sebelum yang punya masuk ke mobil.

Dari bagian teknis, mesinnya tidak berbeda dengan Honda Civic sedan yang lebih dulu hadir, yaitu empat silinder berkapasitas 1,5 liter, dengan imbuhan turbocharger. Tenaganya mencapai 173 PS dan disalurkan ke roda depan oleh transmisi model CVT, yang diklaim memberikan perpindahan gigi yang halus.

Sayangnya, pemain di segmen hatchback sekelas Civic (C-Segment hatchback) tidak banyak. Dulu memang ada Ford Focus, VW Golf, atau Mazda3, kini yang bersisa hanya VW Golf dan Civic. Focus sudah 'good bye' dari Indonesia, dan Mazda3 baru mau muncul lagi. memang ini adalah kesempatan bagi Civic, tapi konsumen yang tidak punya banyak pilihan, bisa jadi akan berpindah ke segmen lain yang lebih beragam.

Interior & Fitur
Seperti dikatakan tadi, Civic Hatchback memiliki lebih banyak keuntungan ketimbang yang sedan. Salah satunya adalah akses ke bagasi yang lebih mudah karena tidak ada pembatas antara jok belakang dan ruang bagasi. Bagusnya lagi, Honda menyediakan fitur berupa penutup ruang bagasi (toneau cover).

Dashboard dan tata letak tombol serupa dengan Civic Turbo sedan. Fiturnya pun tidak jauh berbeda. Mulai dari AC digital, setir berbalut kulit dengan pengaturan audio dan cruise control, hingga tombol start/stop untuk menyalakan mesin.

Civic Hatchback juga dibekali arm rest belakang yang sekaligus berfungsi sebagai cup holder. Selain di arm rest belakang, ruang peletakan gelas juga ada di pintu. Fitur kemudahan dan kenyamanan lainnya adalah soket 12 V, sistem multimedia dengan beragam kemampuan konektivitas, delapan speaker untuk audio.

Bagi pengendara, setir berbungkus kulit tersedia pada varian S. Namun paddle shifter untuk memindahkan gigi secara manual tersemat di balik lingkar kemudi. Untuk memberikan indikasi pengendaraan yang ekonomis, Honda menyematkan indikator Eco di dashboard. Dan kalau tidak cukuup, tekan tombol ECON, untuk membuat mesin lebih kalem supaya tidak boros.

Eksterior
Honda Civic Hatchback punya berbagai keunggulan di bagian eksterior. Dimensinya yang lebih ringkas dari versi sedan akan memudahkan mobil ini untuk bermanuver. Bisa jadi, hal ini akan menarik minat pengemudi perempuan. Hal ini dipertegas dengan pintu bagasi yang bisa membuka lebar, dan memberikan akses yang mudah ke bagasi yang luas.

Dan jangan lupa, kaca mobil ini sudah memiliki kemampuan menolak panas (heat rejecting). Karena itu, jangan heran kalau kacanya agak berwarna kehijauan.

Selain itu, Honda sudah membekali Civic Hatchback 2017 dengan teknologi canggih seperti lampu depan dan foglamp LED, lengkap dengan DRL (Day-time Running Light, lampu siang hari).

Di belakang juga demikian. Lampunya sudah LED, dan ada spoiler keren di pintu bagasi (tailgate). Honda memberikan Civic Hatchback pelek 17 inci. Ukuran yang cukup untuk penggunaan rutin sehari-hari.

Pengendalian & Pengendaraan
Menunjang pengendaraan dan pengendalian, Honda memasangkan suspensi independen MacPherson Strut di bagian depan. Sebuah konstruksi suspensi yang jamak digunakan mobil berpenggerak roda depan.

Sementara di belakang, dipilihkan model multi link untuk menunjang kestabilan dan kenyamanan. Sekedar informasi, Honda Civic Type R yang lebih kencang dan brutal juga menggunakan konfigurasi seperti ini.

Mesin & Konsumsi BBM
Seperti versi sedan, mesin yang digunakan adalah L15B7 berkapasitas 1,5 liter dengan peranti induksi turbo. Mesin ini menghasilkan tenaga hingga 173 PS, dan torsi puncak 220 Nm.

Artinya, mobil ini efisien (irit) dan kencang. Kapasitas 1,5 liter menjanjikan efisiensi BBM, sedangkan tenaga besar memberikan performa yang mumpuni. Dan jangan lupa, skema pajak kendaraan bermotor di Indonesia yang salah satu elemennya menyoroti kapasitas mesin, bisa jadi pajaknya lebih murah.

Sekedar informasi, mesin L15 sudah terbukti ketangguhannya. Basis mesin yang sama (tanpa turbo) bisa Anda temukan pada Honda Jazz, City, HR-V, Freed, dan tentu saja CR-V terbaru (dengan turbo).

MESIN


Civic Hatchback S
-
Tipe
1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW
Sistem Suplai Bahan Bakar
PGM-FI (Direct Injection)
Diameter x Langkah
73,0mm x 89,5mm
Isi Silinder
1498
Perbandingan Kompresi
10,6:1
Daya Maksimum
173PS / 5.500rpm
Momen Puntir Maksimum
220Nm / 1.700 - 5.500rpm


Civic Hatchback E
-
Tipe
1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW
Sistem Suplai Bahan Bakar
PGM-FI (Direct Injection)
Diameter x Langkah
73,0mm x 89,5mm
Isi Silinder
1498
Perbandingan Kompresi
10,6:1
Daya Maksimum
173PS / 5.500rpm
Momen Puntir Maksimum
220Nm / 1.700 - 5.500rpm



GALERI






INFORMASI PENJUALAN HUBUNGI :


Honda Mobil Jogja

TITO

Marketing Executive Honda Tugu Jogja





Pin BB : 2AEA9117

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama