Slider

Review Honda

SUV

Sedan

2 Rows

3 Rows

Premium

News

» » » » » Honda Civic Type R




Honda Civic Type R adalah salah satu mobil yang laris di dunia, termasuk Indonesia. Para pecinta kecepatan menyukai mobil ini berkat pengendaliannya, dan kini berkat mesin 2.0 turbo yang baru. Desain Civic kencang yang baru ini memang menarik. Berbasis Civic Hatchback yang sudah memiliki desain yang agresif, penambahan peranti aerodinamika semakin membuatnya tampak gahar. Penampilan galak itu diperkuat oleh performa mesinnya yang mampu menggelontorkan 310 PS dengan torsi maksimum 400 Nm yang akan memuncak mulai dari 2.500 rpm. 

Overview
Honda Civic Type R adalah versi kencang dari Honda Civic yang sering Anda lihat di jalanan. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Honda Prospect Motor, APM Honda mobil di Indonesia, mereka memasarkan secara resmi Honda Civic Type R. 

Honda Civic Type R gnerasi terbaru mengusung body Honda Civic Hatchback, yang ditambahkan peranti aerodinamika untuk mendukung performanya. Sekujur body-nya terlihat membesar dibanding versi standar Civic Hatchback.

Di interiornya, Civic Type R, sebagai mobil sport, terlihat agresif dengan kombinasi warna merah, hitam, dan ornamen metal. karena mobil ini hanya tersedia dengan transmisi manual, maka tongkat peerseneling manual lah yang ada di kabin, dengan kepala yang terbuat dari bahan metal.

Senjata utama Civic Type R ada di balik bonnetnya. Di situlah tertanam mesin berkode K20C, mesin empat silinder berkapasitas 2.0 liter dengan imbuhan turbo. Tenaganya mencapai 310 PS, dengan torsi puncak 400 Nm. Semua performanya disalurkan ke roda depan melalui transmisi 6-speed, yang mana ini adalah sesuatu yang luar biasa karena biasanya, untuk mobil gerak depan, tenaganya tidak lebih dari 200-an PS. Ini untuk menjaga agar kaki depannya tidak rontok.

Bagaimana Honda bisa menghindari hal itu adalah sesuatu yang rumit dan bisa menjadi satu artikel panjang tersendiri. Yang pasti, kalau Anda pernah mencoba kesenangan berkendara Civic turbo terbaru, kalikan dua, dan Anda akan bisa membayangkan bagaimana menyenangkannya Civic Type R.

Interior & Fitur
Meski didaulat sebagai mobil kencang, tapi Civic Type Rtidak melupakan kesenangan berkendara. Hal ini diperlihatkan dengan hadirnya sistem multimedia yang berpusat di head unit berukuran tujuh inci. Layar ini berbasis operasi Android dan mampu menampilkan navigasi yang didukung oleh Garmin.

Selain itu, sistem multimedia juga didukung oleh delapan speaker yang tersebar di kabin. Meskipun kalau menurut kami, matikan saja sistem multimedia itu dan nikmati deruman suara Type R. Selera, sih.

Jok semibucket-nya dibalur warna merah, demikian juga beberapa bagian di kabin yang mendapatkan ornamen jahitan berwarna serupa. Lingkar kemudinya terbuat dari bahan kulit, dan sudah dielngkapi dengan tombol-tombol untuk mengatur audio, MID, maupun cruise control.

Instrumen cluster di depan pengemudi bisa berubah motif dan warnanya sesuai dengan mode berkendara yang dipilih. Ada Comfort, Sport, dan R+. Yang terakhir itu tentunya mode berkendara yang paling menghebohkan, dan mengeluarkan karakteristik asli sang Type R.

Fitur bantu berkendara dan keselamatan juga dihadirkan oleh Honda. Contohnya pengingat pindah jalur, yang akan memperingatkan pengemudi saat pindah jalur tapi tidak pasang sein. Hill start assist, yang sangat berguna saat berhenti dan akan mulai berjalan di tanjakan. Apalagi ini mobil manual, pasti perlu fitur ini.

Ada juga dudukan ISOFIX untuk tempat duduk anak. Untuk yang satu ini kami sangat menyarankan untuk tidak membawa anak-anak, saat Anda memuaskan adrenalin bersama Civic Type R.

Eksterior
Dari sisi manapun Anda melihat, harus diakui mobil ini terlihat agresif. Bumper depan punya lubang udara besar untuk menyalurkan udara ke mesin, ataupun mendinginkan rem jika perlu. Kap mesin dengan lubang intake menambah kesan intimidatif, belum lagi perawakannya terlihat lebar karena penggunaan ban yang lebih besar.

Dari belakang, sayap besar tampak mendominasi. Lekukan Civic Hatchback yang tegas dikombinasikan dengan bumper belakang yang harus mendukung sistem aerodinamika dari depan, plus lubang knalpot di tengah dan lekukan aerodinamika di atap belakang. Sekali lagi, bentuk ini, dari manapun Anda melihatnya, akan terlihat agresif.

Fitur eksterior terbilang lengkap karena apa yang ada di Civic Hatchback, ada juga di mobil ini. Lampu depan dengan LED dan proyektor, sudah dilengkapi DRL (day-time running light/lampu siang), fog lamp. Di bagian belakang juga sama, lampunya sudah LED. Dan jangan lupa, ada kamera belakang dengan multi angle.

Di bagian kaki, pelek berukuran 20 inci menjadi penopang mobil ini. Ban yang digunakan berukuran 245/30, cukup lebar untuk membantu pengendalian.

Pengendalian & Pengendaraan
kami tidak bisa berbicara banyak di bagian ini karena belum pernah mencoba Civic Type R terbaru. Tapi berdasarkan pengalaman dengan Civic Type R sebelumnya, plus Integra Type R, kami yakin karakteristik sebuah Type R akan hadir. Dan itu adalah handling mumpuni. Contohnya adalah, membelok di kecepatan 160 kpj pada tikungan panjang, dan Anda tidak akan menyadari sedang melaju sambil berbelok secepat itu.

Honda Civic Type R terbaru dibekali suspensi yang mumpuni untuk meladeni performanya. Honda memasangkan sistem adaptive damper dengan konstruksi MacPherson di depan, dan multi link di bagian belakang.

Ban bertapak lebar (245) akan mampu memberikan traksi berlimpah saat mobil bermanuver agresif. Dan power steering electric memberikan pergerakan kemudi yang memuaskan. Seharusnya.

Mesin & Konsumsi BBM
Mesin K20 yang digunakan oleh mobil ini serupa dengan Honda Accord generasi terbaru, yang sudah dijual di Amerika Serikat. Ini adalah kebijakan Honda, yang selalu menggunakan satu mesin untuk berbagai segmen.

Khusus Mesin K20C turbocharged yang digunakan Civic Type R diset untuk bisa menghasilkan 310 hp, dan 400 Nm. Sedangkan pada Accord generasi kedelapan yang baru meluncur di Amerika Serikat, tenaganya hanya 195 PS.

Mesin K20 memang terkenal fleksibel meskipun umurnya cukup tua. Mesin ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, dan hingga sekarang terus diperbaharui dan digunakan pada berbagai produk Honda.


Untuk mengatur pembakaran, Honda juga memasangkan teknologi VTEC (bukan i-VTEC), lengkap dengan sistem Drive By Wire (DBW), yang menghilangkan fungsi kabel gas.






INFORMASI PENJUALAN HUBUNGI :


Honda Mobil Jogja

TITO

Marketing Executive Honda Tugu Jogja





Pin BB : 2AEA9117

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama