Slider

Review Honda

SUV

Sedan

2 Rows

3 Rows

Premium

News

» » » Honda Pamer Modifikasi Ekstrem Civic Type R


Dalam rangka mengikuti ajang tahunan SMMT Test Day, Honda Britania Raya mengenalkan dua Civic Type R yang sudah dimodifikasi. Alirannya sangat berbeda, satu mobil diperas habis-habisan mesinnya. Satu lagi menjadi mobil reli ala Paris Dakar. Yang pasti hasilnya sangar, benar-benar mampu menembus batas kemampuan hot-hatch satu ini.

Modifikasi pertama, dibuat para ahli di balik Team Dynamics Motorsport yang terjun di ajang British Touring Car Championship (BTCC). Banyak komponen balap dipakai dan modifikasi custom untuk mendongkrak signifikan performa Civic Type R. Hampir mendekati versi mobil balapnya, tapi masih legal untuk jalan raya.

Perubahannya lebih banyak berkutat di mesin 2,0-liter turbocharger. Remap ECU sudah pasti dilakukan, berbarengan mengganti sistem induksi, memasang intercooler dan exhaust Scorpion free-flow. Hasilnya luar biasa. Tenaga melonjak 95 PS menjadi 405 PS. Torsi pun meningkat tajam dari 400 Nm menjadi 500 Nm.

Bagian sasis tak luput dari ubahan. Kaki-kaki ditopang per Eibach Pro dan ditambah anti-roll bar yang bisa diatur serta rear camber arm. Slang-slang rem diganti berbahan stainless steel. Lalu memakai pelek racing 19-inci yang dibalut ban Dunlop.

Menurut manajer Team Dynamics, James Rodger, mereka ingin memperlihatkan kemampuan balap sesungguhnya dari Civic Type R FK8. Kemampuannya dapat berubah drastis melalui beberapa modifikasi ringan. “Mobil standar yang kami sebut sebagai mobil balap jalan raya, sangat kompeten untuk ditingkatkan lagi levelnya tanpa perlu banyak perubahan.”

Honda Civic Type R OveRland
Kreasi kedua diberi nama Civic Type R OveRland. Proyek unik garapan Ralph Hosier Engineering ini, sebenarnya belum rampung sempurna. Tapi dapat terlihat jelas konsep yang membuat Civic Type R tampak semakin sangar.

Inspirasinya berasal dari mobil reli atau juga menyerupai balap speed off-road. Bagian suspensi paling banyak mengalami perombakan, yang turut mempengaruhi bodi bagian bawah. Kaki-kaki dinaikkan sebanyak 4-inci sehingga muat ban berukuran besar. Ban yang dipakai jelas tidak main-main, yaitu BF Goodrich khusus reli berukuran 255/55. Suspensi depan tetap memanfaatkan dual-axis strut dari mobil standar. Namun bagian belakang diubah menjadi trailing arm dan memodifikasi transverse link.

“Kedua Civic Type R berbeda ini tetap memperlihatkan atribut standar, tapi juga merefleksikan kemampuan lain dari seluruh lini Civic,” kata Ralph Hosier. Intinya, banyak kreasi bisa dilakukan dari sebuah mobil jalan raya biasa. Tentu saja tidak ada rencana keduanya masuk lantai produksi. Tapi sang modifikator membuka peluang bagi pemilik Civic Type R untuk mengubah mobil mereka menjadi sesuai seperti ini.

«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Older Post